Batik Kebanggaan Indonesia di Mata Dunia Internasional

Batik Kebanggaan Indonesia di Mata Dunia Internasional

Batik adalah bagian yang tak bisa dipisahkan dari kebudayaan Indonesia. Karena batik merupakan karya seni berupa kain bergambar yang dibuat dengan menggunakan malam atau lilin yang selanjutnya diproses sedemikian rupa sehingga tercipta hasil akhir yang khas.

Batik dipandang sebagai bagian dari identitas budaya Indonesia sejak diumumkan oleh UNESCO pada 2009 lalu, batik telah ditetapkan sebagai Masterpieces of the Oral and Intagible Heritage of Humanity.

Budaya batik adalah cerminan dari identitas sosial dan budaya Indonesia. Awalnya, batik diidentikkan sebagai kain tradisional Nusantara, karena hampir ditemui di berbagai wilayah Indonesia, seperti Pekalongan, Solo, Yogyakarta, Madura, Tasikmalaya dan Cirebon. Bahkan bukan hanya di pulau Jawa saja, di daerah Sumatera dan Kalimantan juga terdapat para pengerajin batik.

Popularitas batik di mata dunia tentunya melalui proses sejarah yang panjang. Batik mulai dikenal dunia sejak terbitnya The History of Java karya Thomas Stamford Raffles pada tahun 1817.

Bahkan bagi desainer papan atas dunia, kini bukanlah aneh jika mereka terlihat berkreasi dengan batik. Batik juga sudah dijadikan fashion internasional bahkan Dires van Noten atau Nicole Miller dalam Spring Collection 2010 di Paris Fashion Week tercatat menggunakan motif batik. Sedangkan Nicole Miller dalam Resort Collection 2009 salah satu desainnya menggunakan batik motif mega mendung.

Faktanya batik Indonesia sudah dirancang sedemikian rupa, kesannya masih tradisional tapi mode yang dirancang sudah modern serta di beberapa kesempatan Fashion batik Indonesia sempat beberapa kali eksis di ajang Fashion Week Internasional. Para desainer terkemuka di Indonesia melalui karya dan ide mereka, batik berhasil menjadi mahakarya yang dilirik oleh fashion internasional. Tidak heran, banyak sekali tokoh dunia, hingga artis Hollywood sangat menyukai batik.

Batik juga memegang peranan penting dalam perekonomian di Indonesia sebagai salah satu penopang kekuatan ekonomi rakyat. Industri batik telah banyak membantu masyarakat sebagai mata pencaharian, karena industri batik membutuhkan tenaga kerja yang banyak. Dari proses pembuatannya, hingga ke pemasarannya.Selain pakaian, batik juga bisa dikreasikan untuk hal lainnya. Seperti tas, hingga aksesoris.

Beberapa tahun silam batik sempat diakui sebagai salah satu budaya Malaysia, namun setelah UNESCO meresmikan akhirnya batik dikukuhkan sebagai warisan budaya asal Indonesia. Dan juga di Indonesia setiap tanggal 02 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional untuk selalu mengingat dan bangga akan warisan budaya nenek moyang kita.

Mengenai bagaimana batik bisa sangat terkenal di mata internasional tentunya berkat kolaborasi antara pemerintah dan juga stakeholder terkait

(Visited 13 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *